Jumat, 06 April 2012

Artikel

UAN SEBAGAI ISSUE KRITIS PENDIDIKAN

pemerintah telah mengambil kebijakan untuk menerapkan UAN sebagai salah satu bentuk evaluasi pendidikan. UAN berfungsi sebagai alat pengendali mutu pendidikan secara nasional, pendorong peningkat mutu pendidikan dalam seleksi penerimaan pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi. pelajaran yang di UAN kan yaitu pelajaran yang dianggap penting, walaupun masih ada perdebatan tentang mengapa hanya mapel yang penting saja di UAN kan?? apakah yang lainnya tidak penting?

Ujian Nasional (UN) belum bisa terhindar kecurangan, baik itu oknum guru yang mencuri soal maupun murid yang mendapatkan kunci jawaban lewat HP. banyak pertanyaan yag muncul, seperti apakah UAN dapat menjawab sikap demokrasi anak? apakah UAN dapat menjawab tingkat kreatifitas dan kemandirian anak?.

Ujian bertujuan untuk mempertanggung jawabkan penyelenggaraan pendidikan kepada masyarakat. adalah ironis kalau UAN dipakai sebagai bentuk pertanggung jawaban penyenggaraan pendidikan, karena pendidikan merupakan suatu kesatuan terpadu antara kognitif, afektif, dan psikomotor. selain itu pendidikan juga bertujuan untuk membentuk manusia yang berakhlak mulia, berbudi luhur, mandiri, cerdas, dan kreative yang semunya itu tidak dapat dilihat dengan bentuk penyelenggaraan UAN. dengan kayta lain, UAN belum memenuhi syarat untuk dipakai sebagai bentuk pertanggung jawaban penyelenggaran pendidikan kepada masyarakat. jadi apa tindakan selanjutnya?? apakah UAn masih diadakan atau tidak??

0 komentar:

Posting Komentar